Monday, August 31, 2020

Bahaya Malware BlackRock Menyerang Sistem Android

Malware BlackRock Menyerang Sistem Keamanan Android

Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini di mana hampir seluruh kebutuhan dan kegiatan yang dijalankan oleh manusia sekarang sangat bergantung dengan namanya perangkat HP atau komputer, hingga jaringan internet. Persebaran malware yang bisa melewati jaringan internet, pesan e-mail, install aplikasi, dan lain-lain akan sangat membantu orang yang melakukan aksi jahat terhadap targetnya untuk mendapatkan data pribadi.

Malware dalam penerapan nya berbeda dengan virus yang biasa kita jumpai, malware bersifat lebih berbahaya karena bisa melakukan eksekusi langsung, seperti menghapus data, copy dan paste data, hingga aksi lainnya. Dengan kata lain, malware seperti pintu belakang rumah yang jika tidak dikunci dapat dimasuki oleh orang banyak yang mempunyai banyak kepentingan pribadi.

Informasi terbaru mengenai temuan malware blackrock sempat menghebohkan jagad sosial media, karena diisukan malware tersebut dapat menerobos sistem pertahanan dari aplikasi-aplikasi besar, seperti Paypal, Gmail, Instagram, dan lainnya. Total aplikasi yang mendapat ancaman dari persebaran malware blackrock sekitar 347 aplikasi. Sangat mencengangkan untuk malware temuan baru di tahun 2020 ini.

Mengenal Malware BlackRock

Dalam kutipan resmi dari laman ThreatFabric, menyebutkan bahwa iaBlackRock berasal dari kode malware perbankan Xerxes, yang merupakan turunan dari Trojan perbankan Android LokiBot. Kode sumber malware Xerxes diumumkan kepada publik oleh pembuatnya sekitar Mei 2019.

BlackRock menyalahgunakan Layanan Aksesibilitas untuk memeriksa aplikasi mana yang berjalan di latar depan. Seperti Trojan perbankan Android Ginp, BlackRock memiliki dua jenis layar overlay, satu adalah tampilan grabber kartu generik dan yang lainnya spesifik per aplikasi yang ditargetkan, overlay phising kredensial.

Dari 337 aplikasi unik dalam daftar target BlackRock, banyak aplikasi yang belum diamati menjadi target malware perbankan sebelumnya. Sasaran baru itu sebagian besar tidak terkait dengan lembaga keuangan.

Sudah jelas, target dari persebaran malware tersebut adalah data identitas pribadi dari orang-orang penting untuk mendapatkan keuntungan pribadi, kita tidak bisa menutup mata dalam dunia cyber. Jual beli data dalam dunia hitam internet sudah bukan menjadi rahasia lagi, mereka dapat melakukan transaksi secara sembunyi-sembunyi sehingga tidak dapat terdeteksi. Keuntungan dari penjualan data tersebut juga sudah dipastikan sangat besar, jika yang berhubungan dengan pasar gelap. Pasti total transaksi yang dilakukan juga sangat tinggi.

Cara Mencegah Malware BlackRock

Untuk cara mencegah malware jenis blackrock memang masih belum terdapat informasi secara valid bagaimana cara mencegah malware yang berbahaya ini, cuma pada prinsipnya malware adalah sebuah sistem software yang dibuat oleh manusia untuk merusak, lalu cara mencegahnya adalah dengan cara membuat software yang merusak juga tapi memiliki sifat yang baik.


  • Lakukan clear data berupa cache dan lain-lain pada saat kalian telah selesai menggunakan browser internet, pastikan kalian tidak membuka halaman situs yang tidak terpercaya dengan tidak menyertakan https dalam domain situs tersebut.
  • Lakukan scan dengan menggunakan antivirus jenis apa saja yang terinstall pada HP kalian masing-masing. Cara ini dapat sangat membantu untuk mengetahui file-file yang tidak terpakai atau yang lainnya.
  • Tidak melakukan install aplikasi android dengan paket aplikasi yang tidak dipercayai oleh google play store. Sebisa mungkin kalian untuk download dan install aplikasi resmi langsung dari play store
  • Install aplikasi anti malware, ini merupakan cara terakhir yang dapat kalian lakukan untuk mencegah malware black rock.


Dalam poin-poin yang sudah kami sebutkan di atas, kami akan memberikan saran tambahan yang perlu kalian lakukan sebagai langkah pencegahan untuk menghindari dari malware blackrock. Dan meskipun HP kalian jika sudah dirasuki oleh malware blackrock, langkah yang paling bijak yang harus kalian lakukan adalah memindahkan seluruh catatan perbankan mulai dari nomer kartu kredit, password, alamat e-mail, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan data pribadi.

Ulasan Kesimpulan

Perkembangan jaman saat ini memang tidak bisa kita tolak dalam kehadirannya, karena kita juga dapat merasakan berbagai macam manfaat baik. Tetapi dari manfaat baik yang dapat kita rasakan, pasti juga kita akan merasakan dampak negatif dari perkembangan jaman tersebut. Segera amankan data pribadi anda, ikuti langkah-langkah yang telah kami berikan untuk mencegah malware Blackrock pada HP android kalian.

Bagi pengguna apple, memang dilansir dalam ThreatFabric masih belum terjangkit, tapi kita tidak ada salahnya melakukan preventive maintenance terhadap perangkat keras yang kita miliki dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah kami berikan dalam cara mencegah malware blackrock pada HP android, terimakasih.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.