Monday, September 14, 2020

Kuliah di Kampus PTS Bukan Berarti Kalian Gagal

Kuliah di kampus pts

Memasuki tahun ajaran baru, menandakan berlangsungnya proses perkulihan juga. Bagi kalian yang masih belum beruntung untuk memasuki kampus negeri, jangan patah semangat ya teman teman. Kampus swasta bukan berarti buruk, hanya saja jalan hidup kalian masih harus ditempuh melewati jalur kampus swasta. 


Meskipun kalian diharuskan menempuh pendidikan di kampus swasta, usahakan untuk mengambil kampus dan jurusan yang akreditasinya minimal B. Kalau bisa memasuki kampus dengan jurusan akreditas A itu merupakan bonus. 


Harus diakui, kebanyakan dari kita orang Indonesia pasti akan membanding bandingkan untuk hal apapun itu, termasuk lokasi di mana kalian kuliah. Hal positif yang bisa kita ambil dari melangsungkan pendidikan di kampus swasta adalah kalian akan lebih tertantang dan termotivasi untuk memberikan yang terbaik selama masa kuliah, sama seperti kampoespedia yang selalu memberikan informasi kehidupan kampus, agar tidak dipandang rendah oleh teman kalian yang kuliah di kampus negeri. 


1. Kuliah di Kampus Swasta Memiliki Waktu Fleksibel

Bagi kalian yang menempuh pendidikan di kampus swasta pasti akan merasakan banyaknya waktu senggang yang kalian terima dibandingkan dengan teman kalian di kampus negeri yang waktu kuliah nya diisi dengan berbagai macam tugas sehingga menyita banyak waktu. Oleh karena itu, kalian harus bersyukur dan gunakan waktu senggang tersebut untuk mencari kerja sampingan atau kerja part time untuk menambah pengalaman kerja ataupun menambah uang saku kalian.


Meskipun tidak melakukan kerja part time, kalian juga bisa menggunakan waktu senggang tersebut untuk belajar lebih. Contohnya kalian bisa mengunjungi perpustakaan kampus atau perpustakaan kota untuk menambah wawasan tentang pengetahuan umum atau apapun itu yang bisa menambah ilmu. Selain itu, kalian bisa menggunakan waktu senggang tersebut dengan melakukan hobi yang bisa menghasilkan. 


Contoh nya jika kalian memiliki hobi desain grafis, coba gunakan waktu luang untuk lebih produktif dan membuat konten untuk dipromosikan sehingga kalian bisa mengisi waktu luang lebih bermanfaat. 


2. Perusahaan Melihat Skill Bukan Almamater

Saat memasuki dunia kerja, perusahaan sudah jelas melihat kompetensi yang kalian miliki dibandingkan dengan almamater yang kalain kenakan. Jadi, kalaupun skill yang kalian miliki lebih hebat dibandingkan dari teman kalian yang kuliah di kampus negeri, bukan tidak mungkin kalian bisa lebih diunggulkan dalam dunia kerja. 


Tidak menutup mata juga, memang ada sebagian perusahaan yang lebih mengoptimalkan untuk merekrut dari reputable university dan kampus negeri. Jika kalian melihat standar requirement seperti itu, tidak perlu berkecil hati. Tidak ada salahnya untuk mencoba, karena urusan rejeki sudah ada yang mengatur.


Jadi yang perlu kalian lakukan adalah harus bisa berkompetisi dengan baik dari segi kompetensi, meskipun kalian berasal dari kampus swasta. Tidak perlu minder dan usahakan untuk terus percaya diri.


3. Universitas Terbaik di Dunia Merupakan Kampus Swasta

Sebagaimana kalian ketahui, kampus terbaik yang ada di dunia seperti standford university merupakan kampus swasta juga loh. Dari sini kalian harusnya bisa berbangga, karena kampus terbaik pun berasal dari kampus swasta. Karena di luar negeri memang tidak memandang klasifikasi bagi mereka yang masuk kampus negeri ataupun swasta. Mereka melakukan perbandingan berdasarkan skill yang kita punya.


Sekedar informasi, dari kampus negeri Indonesia banyak yang berlomba lomba untuk bisa memasuki kampus swasta yang ada di luar negeri. Mungkin mereka masih mengejar gengsi ataupun yang lain, tapi apapun itu dan dimanapun itu kalian berada. Teruslah memberikan kontribusi terbaik demi negara Indonesia.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.