Friday, September 25, 2020

Cara Menjawab Interview Kerja Bagi Fresh Graduate

Menjawab Interview kerja fresh graduate


Proses interview merupakan tahap awal bagi kalian untuk membuka peluang masuk ke perusahaan yang telah kalian lamar sebelumnya. Jadi, bisa dikatakan kalau interview adalah kesempatan emas yang tidak boleh disia-siakan. Tahap ini juga bertujuan untuk mengetahui potensi terbaik apa yang kita miliki dari kacamata human resource dari perusahaan tersebut, disisi lain para HRD juga bisa mengenali diri kalian secara mendalam tentang diri kalian mulai dari wawasan, sikap dan perilaku, karakter, hingga pengalaman kerja yang kalian miliki.


Teruntuk fresh graduate, baik dari jenjang SMA/K ataupun tingkat sarjana sekalipun. Kerap kali membuat kita minder dan tidak siap akan proses interview tersbut. Seolah kita tidak mengetahui apa yang bisa kita tawarkan untuk perusahaan. Tetapi, dibalik itu semua kalian tidak perlu khawatir untuk mendapatkan pertanyaan yang sulit. Oleh karena itu, dalam artikel ini AboveTrk ingin memberikan pengalaman pribadi agar bisa melewati tahapan interview bagi fresh graduate.


Cara Menjawab Interview Kerja 


Pada saat proses interview kerja, kalian akan dihadapkan setidaknya dengan beberapa orang sekaligus. Tapi ada juga hanya seorang HRD sendiri yang melakukan interview. Kunci keberhasilan dalam menjawab interview ini adalah percaya diri dan jawaban yang konsisten. Karena pada dasarnya, perusahaan membuka lowongan pekerjaan baru dikarenakan mereka membutuhkan generasi atau mengisi slot kosong dari divisi tertentu. 

Tentunya, untuk mendapatkan kesempatan panggilan interview ini kalian diharuskan untuk melamar pekerjaan terlebih dahulu. Saat ini, meskipun masuk masa pandemi. Banyak lowongan kerja di Indonesia yang masih terbuka untuk lulusan SMA/K ataupun sarjana, jadi jangan sia-siakan kesempatan yang telah diberikan. Segera siapkan resume pekerjaan kalian masing-masing.

Tips yang kami berikan berupa contoh percakapan yang biasa ditanyakan oleh seorang HRD kepada para pelamar, dengan harapan dari contoh ini kalian bisa mempelajari cara menjawab interview kerja tersebut. Sehingga kita bisa lolos pada tahapan selanjutnya kemudian bisa diterima kerja pada perusahaan yang kita lamar.

Pertanyaan HRD yang Sering Ditanyakan


Q: Bisa tolong jelaskan secara singkat tentang diri anda?

A: (Ucapkan salam terlebih dahulu) perkenalkan nama saya (nama kalian) saya merupakan anak ke dua dari tiga saudara, lahir di Surabaya tanggal 28 Juni 1996, riwayat pendidikan dari SD hingga SMA atau kuliah. Jelaskan nilai UN untuk tingkat SMA/K atau jelaskan judul skripsi dan IPK terakhir. 


Q: Kenapa tertarik untuk mengisi posisi pekerjaan ini?

A: Saya merasa sangat yakin dengan potensi yang saya miliki, terlebih latar belakang pendidikan saya juga mendukung untuk posisi tersebut. Harapan saya, saya bisa memberikan kontribusi lebih untuk perusahaan.


Q: Bisa jelaskan kelebihan apa yang kamu miliki?

A: Untuk kelebihan yang saya miliki, keahlian dalam mengoprasikan software penunjang seperti microsoft word, dll (software penunjang/membantu pekerjaan dalam posisi tersebut), selain itu saya juga memiliki sifat tanggung jawab, percaya diri, baik dalam negosiasi dan presentasi, dan pekerja keras.


Q: Apa saja kekurangan yang kamu miliki?

A: Saya memiliki kekurangan pengalaman kerja, dikarenakan saya masih fresh graduate. Jadi membutuhkan adaptasi untuk mulai akselerasi dalam pekerjaan. 


Q: Apa yang bisa kamu berikan untuk perusahaan ini?

A: Kemampuan dan intelegent yang saya miliki, pastinya saya ingin membuat perusahaan ini lebih berkembang dengan kehadiran saya mesikupun hanya sepersekian persen. Dengan loyalitas yang saya miliki, saya percaya. Perusahaan ini akan lebih maju dan berkembang mengikut jaman. 


Penjelasan Dari Percakapan 


Dalam pertanyaan pertama, biasanya HRD suka menanyakan terkait identitas diri kita terlebih dahulu, dalam contoh jawab di atas kami memang tidak memberikan contoh secara rinci, kalian bisa melakukan improvisasi sendiri terkait pengenalan diri kalian, usahakan jangan terlalu bertele-tele dan terlalu banyak kalimat pengulangan. Oleh karena itu, sampaikan saja apa yang perlu disampaikan. 

Selanjutnya dalam pertanyaan kedua yang sering ditanyakan terkait kenapa ingin mengisi posisi tersebut, usahakan kalian sudah mengetahui job desk dari posisi tersebut, terlebih kalian sudah mengenal dulu calon perusahaan tempat kalian kerja nanti, karena itu akan menjadi nilai plus. Jelaskan dengan rinci pengetahuan kalian terkait posisi yang kalian lamar, dan berikan usulan atau ide terobosan apa yang akan kalian lakukan di perusahaan tersebut jika diterima pada posisi itu.

Untuk menjawab kelebihan, sudah jelas kalian bisa menjawab tentang keahlian yang kalian miliki. Bisa berupa keahlian dalam penguasaan software, atau skill pribadi yang kalian miliki bisa disampaikan. 

Lalu untuk menjawab kekurangan, usahakan jangan menjawab terlalu teknis, seperti saya orang pelupa, saya kadang teledor, ataupun yang lainnya. Itu bisa menjadi nilai minus di mata HRD. Cukup jawab seperti percakapan di atas dan tunjukkan profesionalisme yang kalian miliki.

Terakhir, mengenai apa yang bisa kita berikan untuk perusahaan. Sudah pasti loyalitas, karena perusahaan sangat menyukai karyawan yang memiliki integritas dan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan. Percuma mereka melakukan recruitment jika perusahaan nya hanya dijadikan batu loncatan saja bagi seorang pelamar. Jadi, usahakan menjawab sebagi mungkin ya. 

Kesimpulan Cara Menjawab Interview Kerja


Selanjutnya adalah kalian akan diberikan kesempatan untuk menanyakan kembali kepada HRD terkait calon perusahaan yang akan menjadi tempat kerja kalian. Pada kesempatan tersebut, usahakan kalian menanyakan pertanyaan ya. Karena hal tersebut dapat dinilai sebagai ketertarikan kita terhadap perusahaan yang kita lamar. Sudah pasti akan menjadi nilai plus bagi kalian, dan kesempatan untuk lolos ke tahap berikutnya akan semakin terbuka.

Kesimpulan dari cara menjawab interview kerja ini adalah usahakan untuk melakukan riset terlebih dahulu terhadap calon perusahaan, pelajari sebaik mungkin mulai dari sistem kerja dan peralatan apa saja yang terdapat di perusahaan tersebut. Gunakan pakaian rapi dan wangi, karena kita berhadapan dengan orang penting, meskipun kalian memiliki jambang atau brewok, usahakan bisa tertata rapi. Berikan kesan positif terhadap HRD dan calon perusahaan kalian nanti.

Kalaupun pada akhirnya nanti kalian gagal dalam melewati proses interview kerja yang pertama ini, tidak perlu terlalu menyesal. Karena itu bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi diri dan kesempatan bagi kalian untuk melihat lowongan kerja di Indonesia yang lain. Siapa tau, rejeki yang kalian terima lebih baik. Tetap semangat meskipun kalian adalah seorang fresh graduate!

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.