Sunday, September 27, 2020

Tips Mengerjakan Skripsi Agar Lulus Tepat Waktu

Tips Mengerjakan skripsi


Skripsi merupakan tugas akhir yang wajib dikerjakan oleh seorang mahasiswa untuk bisa dinyatakan lulus dari perguruan tinggi tertentu, tanpa mengerjakan skripsi, mahasiswa tersebut tidak akan bisa lulus. Skripsi berupa tugas penelitian dari buah pikiran untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di lingkungan sekitar. Sebagai contohnya, kita ingin menuntaskan masalah pencemaran limbah atau sampah yang bertebaran di jalanan. Dari latar permasalahan tersebut, kita harus langsung memulai menentukan metode penelitian yang diinginkan untuk memperoleh data sesuai keinginan dan kebutuhan kita. 


Tidak berhenti dari situ, sebelum mengajukan dan siap untuk disidangkan. Kita juga wajib untuk mencari dosen pembimbing dan memerlukan sebuah approve dari dosbing, apakah judul skripsi dan latar belakang kita mengerjakan skripsi ini sudah baik atau tidak. Bisa jadi, dosen pembimbing kita akan memberikan suatu masukan atau bahkan membantu memberikan judul skripsi yang dapat membantu kita dengan mudah.


Pada kesempatan ini, AboveTrk ingin memberikan berbagai tips mengerjakan skripsi agar kalian bisa lulus tepat waktu. Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi, mulai dari menentukan judul artikel ilmiah yang pas hingga akhir. Diharapkan juga kalian bisa memetik berbagai macam manfaat dari penjelasan yang sudah disampaikan.


Tips mengerjakan skripsi

Sebagai mata kuliah wajib dan tugas yang harus dikerjakan agar kita bisa dinyatakan lulus dari perguruan tinggi, ternyata dalam mengerjakan skripsi terdapat beberapa celah sehingga kalian bisa lulus tepat waktu dan mengerjakan skripsi dengan lancar.

  1. Menentukan judul skripsi, sebelum melangkah lebih jauh tentukan judul terlebih dahulu. Amati lingkungan sekitar dan berita terkini, bila angkat judul skripsi sesuai kemampuan. Jangan mengambil resiko untuk mengambil judul di luar kemampuan kita meskipun itu menantang, ingat. Biaya kuliah masih menjadi tanggungan pribadi, jika ada yang mau membiayai kuliah kalian karena resiko telat lulus diakibatkan penelitian skripsi yang terlalu sulit, tidak apa. Dan itu tergantung keputusan dari diri kalian masing masing.
  2. Memilih dosen pembimbing, selanjutnya adalah pemilihan dosen pembimbing. Ini sangat riskan, kalau kalian memilih dosen yang sibuk dan susah untuk ditemui di kampus. Kami sarankan untuk tidak memilih dosen tersebut, karena lembar revisi dan asistensi sangat memerlukan tanda tangan dari dosen pembimbing. Jangan sampai waktu sidang skripsi kalian makin mundur dikarenakan sulit untuk menemui dosen pembimbing. Kalaupun bisa, cari dosen yang disegani atau dosen yang dihormati di jurusan kalian. Ini sangat membantu sekali saat kalian menghadapi sidang skripsi, karena jika kalian anak bimbingan dari dosen yang disegani, sudah otomatis karya skripsi kalian memiliki kualitas baik.
  3. Tidak boleh terlena oleh waktu, ini kerap kali terjadi bagi seorang mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Dengan kata lain, sering sekali menunda nunda mengerjakan skripsi, padahal waktu pengumpulan judul skripsi semakin dekat. Percayalah, proses pengerjaan skripsi dengan penuh hati hati dan kesabaran akan membuahkan hasil yang maksimal. 
  4. Jangan tergoda ajakan teman, pada poin ini memang dirasa sangat sulit. Karena wajar bagi kita mendapatkan waktu untuk refreshing disela sela pengerjaan skripsi. Tetapi yang perlu diingat, kalian tidak boleh terlalu lalai dalam mengambil waktu untuk refreshing. Terkadang teman bisa menjerumuskan dan membuat kita bangkit, jadi saat kalian sudah berkomitmen. Harus diingat prioritas kalian, dan ingat waktu pengerjaan skripsi.
  5. Rajin menemui dosen untuk asistensi, terakhir adalah kita harus sering melakukan asistensi terhadap dosen pembimbing. Tidak harus kepada dosen pembimbing saja, kalau kalian ada dosen lain yang dirasa bisa memberikan saran. Tidak ada salahnya untuk ditanyakan, hal ini bisa sangat membantu kalian untuk terlihat bagus di mata dosen. Bukan maksud kita untuk mencari perhatian dosen,tetapi kita memang ingin mengerjakan skripsi dengan sungguh sungguh. 


Kelima poin di atas adalah uraian yang pernah dilakukan oleh penulis dari AboveTrk. Dan berhasil mendapatkan pujian tepuk tangan dan jabat tangan saat selesai melangsungkan sidang skripsi, prinsipnya adalah kita tidak apa berdarah-darah diawal kalaupun nanti kita akan merasakan manisnya hasil kelulusan. Menikmati proses itu sangat penting agar kalian bisa lebih menghargai hasil dari capaian yang telah diraih. 


Jadi, bagi kalian yang sedang melangsungkan atau menyiapkan ancang ancang untuk memulai membuat skripsi. Harus tetap semangat ya! Ingat, orang tua ataupun keluarga terdekat atau orang orang yang kalian sayangi. Berikan hadiah terbaik untuk mereka yang selama ini telah mendukung penuh demi kelulusan dan keberhasilan kalian selama masa kuliah. 

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.